NEW UPDATE

Jumat, 06 April 2018

Tentang BOOTLOOP LG G4 dan LG V10

BOOTLOOP

bagian #1

Bootloop dalam arti umum adalah gagalnya komunikasi antara komponen power dengan komponen memory saat ponsel itu dinyalakan (boot) atau dinyalakan ulang (restart/reboot). Kondisi saat boot berulang-ulang (looping) hanya sampai logo LG inilah yg sebenarnya bootloop. Karena alur komunikasi hanya sampai power sehingga ponsel tidak dapat meneruskan sinyal sampai chip penyimpanan operating system (SoC) atau dengan istilah ‘gagal masuk system’.

Smartphone LG seri mana?
Smartphone/pablet LG keluaran antara tahun 2015 dan 2016 yang sering mengalami kasus bootloop. Yaitu LG G4, Nexus 5X, LG G flex2, dan LG V10. Malah beberapa kasus LG V20 juga mengalami bootloop.

LG G4
Seri inilah yg paling banyak mengalami bootloop. LG mengakui bootloop dikarenakan oleh cacatnya komponen atau LG menyebutnya ‘kurang rekatnya kontak antar dua komponen’.
LG G4 yang terkena kasus ini hampir semua varian meliputi H810, H812, H815, dan H818, tak hanya terbatas pada yang dirilis via perusahaan operator seluler saja.
G4 yang terkena kasus bootloop biasanya terjadi di batch awal dengan nomor seri 505 - 509. Angka pertama itu menunjukkan tahun pembuatan yaitu 2015, angka kedua dan ketiga menunjukkan bulan Mei hingga September, seperti yang dijelaskan di forum XDA-Developers.
 
LG V10
Begitu pula dengan seri LG V10, hampir semua seri yaitu H900(AT&T), H901(T-Mobile USA), H960, F600S/K/L, VS990(Verizon) dan yang Dual SIM: H961N, H961S,H962, H968 yang keluaran antara tahun 2015 dan 2016 terkena kasus bootloop.
Class-action Law Suit!
Beberpa pengguna LG di Amerika sendiri sudah melakukan gugatan kepada LG dan LG menerima service bahkan ganti baru jika smartphonenya terjadi bootloop dan masih tercover dengan garansi. Tapi kalau tidak, ya wassalam…

bagian #2
Cara Mengetahui tahun keluaran LG V10

Di beberapa forum android menyebutkan bahwa LGv10 untuk type 2 yaitu yg dirilis di pertengahan tahun 2016 adalah aman dari bootloop. Dan type 2 inilah yg dipakai perusahaan LG untuk mengganti LG yang terkena bootloop atau mati total tapi masih tercover garansi.
Jika tidak tercover garansi, maka akan dikenakan biaya US$75 untuk ‘menormalkan’ kembali si LG. Tapi karena LGv10 itu tidak resmi ke Indonesia maka garansi hanya bisa dilakukan di tempat LG v10 itu berasal alias kita harus mengirim LG V10 kita ke negara dimana ponsel itu berasal.
Untuk mengetahui LG kita termasuk keluaran tahun berapa, kita bisa mengeceknya di web (sebenarnya banyak web yg serupa, tapi gw senang yg ini):
Masukan nomor IMEI yang tertera di balik baterainya (maaf, gambar di postingan ini saya ambil dari LGv10 member disini hehe), atau ketik *#06* jika ponselnya keadaan normal.
tulis nomor IMEI dan masukan ke WEB dibawah ini, maka akan menghasilkan keterangan seperti di bawah.

https://imei24.com/
IMEI:353074072986886
Brand:LG
Phone model:V10 H900
Serial number:606KPAE298688
Product model:LGH900
Manufacture date: June 07, 2016
Shipped from factory:June 09, 2016
Device type model: 2
Estimated phone age:1 year(s) 2 month(s) 2 week(s)
Buyer code:ATT
Buyer name:ATT
CSN number:LG0000807530080
Blacklist status*:CLEAN
Serial number : 606 = ini berarti 6 itu tahun 2016 dan 06 adalah bulan 6 (juni)
note : walau LG V10 itu keluaran pabrikasi teranyar bukan berrti akan BEBAS MURNI dari bootloop..tetap waspada :)

bagian #3
Banyak penyebab sebelum LG G4 dan LG V10 bootloop terjadi, dirangkum dari berbagai sumber (tentunya ini tidak mutlak, sbb beberapa juga aman) :
1. Karena kerja ‘rodi’ seperti main games yang berat berjam-jam sehingga terjadi panas berlebihan. Dan biasanya si LG langsung stuck dan bootloop.
2. Terlalu banyak multitasking berlebihan yang berat, misalnya: menjalankan sekaligus streaming video, bersosial media, dan menjalankan kamera secara bersamaan. Biasanya LG langsung stuck dan bootloop.
3. Si LG terkena suhu ruangan yg terlalu panas seperti : si LG disimpan di dashboard kendaraan, terjemur sinar matahari langsung.
4. Stuck dan Hang oleh penyebab lain
5. Ada beberapa kasus karena power (batere) dibiarkan kosong sampai 0%.
6. Bootloop juga bisa terjadi karena ‘kesalahan’ atau bermasalah dari OS Androidnya. Misalkan, gagal upgrade ke OS android terbaru. Atau beberapa kasus karena error pada androidnya.
7. Untuk penyebab lain, mohon teman-teman yang mengalami bootloop bisa berbagi infonya..
 
Solusi sementara yang dapat dirangkum:
1. Menambah/mengganti anti panas (thermal pad, heat sink pad) pada LG V10. Hal ini dapat membantu menurunkan suhu dari LG. Mengenai cara banyak dishare di Youtube dan beberapa postingan di group ini. Jika tidak dapat melakukannya sendiri (DIY), minta bantuannya ke tukan service atau teman yg biasa bongkar-bongkar smartphone.
2. Jika terjadi stuck dan Hang, JANGAN CABUT BATERE saat itu juga. Biarkan beberapa menit/jam sehingga si LG normal… atau jika terpaksa coba dengan menekan tombol kombinasi antara power dan volume atas/bawah sampai si LG restart.
3. Coba reinstall/flash ulang, dan unbricked operating system di OS android yang aman.. disarankan jangan flash ke android yg terbaru. Sbb ada beberpa kasus bootloop itu bukan karena mal-hardware (kerusakan pada hardware) tapi memang karena os androidnya yg bermasalah.
4. Untuk tips tambahan, biasakan tutup semua aplikasi jika LG tidak dipakai.
5. Karena kasus bootloop itu kebanyakan dari hardware… lakukan reball yaitu copot chip utama seperti chip SoC dan kemudian pasang kembali.. Hal ini dapat dilakukan oleh para profesional tukang service.
6. Untuk kasus matot karena chip power… bisa dilakukan reball pada chip power atau ganti chip power.

MOHON YANG PUNYA KASUS BOOTLOOP, BISA BERBAGI/KOMEN DI BAWAH POSTINGAN INI…. Penyebab dan gara-garanya kenapa dan solusi yg teman dapat seperti apa… terima kasih..

18 komentar:

  1. Terima kasih telah membuat link info tentang kasus BootLoops LG
    Menurut saya artikel ini bermanfaat bagi pengguna serta yg lain nya.

    BalasHapus
  2. LG V10 punyaku hanya bertahan 3 bulan,pemakaian normal tanpa game,sosmed pun masih wajar dalam pemakaian, tiba2 aja saat digunakan langsung mati, selamanya, sy cb servis tak bisa hidup lagi, akhirnya wassalam

    BalasHapus
  3. Cara cek SN di G4 selain dibawah baterai nya gimana ya ngecek nya?? Soalnya ane dapat G4 sekond tapi stiker dibelakang baterai udah dicopot ma seller nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keadaan mati tekan vol atas dan bawah tahan hidupkan power tahan terus tombol vol smpe begetar

      Hapus
  4. Cara cek SN di G4 selain dibawah baterai nya gimana ya ngecek nya?? Soalnya ane dapat G4 sekond tapi stiker dibelakang baterai udah dicopot ma seller nya...

    BalasHapus
  5. Aq punya lg g4 yg mati total kalo sekiranya ganti ic power yg aq beli dari toko online bisa bener gak ya?

    BalasHapus
  6. Kalo yg keluaran 2017 aman gak gan?

    BalasHapus
  7. Aku punya lg v10 kirain batrenya yang ngedrop, pas beli batre baru masih saja mendadak mati... Payah lg v10 kecewa

    BalasHapus
  8. Gue sayang banget sama hp gue lg v10
    Tapi tiba tiba bootloop
    Sudah di flash ulang,normal beberapa menit kmd bootloop lagi,pusing gue
    Coba berikan saran
    Gue gak suka hp lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gn
      Ada gak tmn 2 lain yg ngasih solusi gan

      Hapus
  9. Aku bisnis online.. maklum namanya emak2 ya... Sambil netekin bayi smbil balesin customer. Dan hp sering banget ketendang si bayik dan jatuh.. namanya bayi lagi usil sih ya.... Tp gak tau jg sih. Aq jg suka nge chargh hp smbil buat mainan hahaha.... Mungkin 2 faktor itu pengaruhnya....

    BalasHapus
  10. Tlong dong solusinya..LG v10 H961N dibuat kepengaturan pabrik..ehh hanya muncul logo mati-hidup,tekan power+volume mnculnya no imei..

    BalasHapus
  11. LG v20 ku barusan nyaris sakarotul maut. Udh pke cara tutorial hard msh susah jg.. ee gua cb lg sesuai petunjuk mas heri priatna dimna smua tombol dipencet ee trnyata mlh lgs idup. Slamet dah nyaris gua banting

    BalasHapus
  12. Gua tuh cinta mati ama LG V20.. udh suara hdsetnya mntap ama tmpilannya unik. Buat rekam2 suara jozz! Gamau lg pindah klaen hati walau gmnapun jg kelmahannyaa..

    BalasHapus

newer posts older posts