NEW UPDATE

Rabu, 13 Februari 2019

ROOTING LG K8 Lte (K350K)

ROOTING LG K8 Lte (K350K)

 
Gue pribadi gak punya device LG K8. kenapa pada akhirnya gue ngerti proses rooting LG k8, berawal dari temen yang minta tolong gue root LG k8 punya dia. setelah search di XDA, nemulah gue postingan ini https://forum.xda-developers.com/lg-k10/how-to/friendly-root-method-lg-k8-k10-t3531223 jadilah gue baca dan pelajari. dalam waktu dua jam kemudian berhasil gue root LG k8 temen gue.

    WARNING!!!!

    Jika belum mengerti soal ADB, FASTBOOT, Custom RECOVERY dan istilah dasar Android tidak disarankan untuk melanjutkan proses rooting. Perlu dipahami bahwa proses rooting adalah bukan untuk NUBIE apalagi NUBITOL.


    RISIKO DITANGGUNG PRIBADI MASING-MASING!!!

    BACA TUTORIAL DENGAN TELITI!!! ULANGI TERUS JIKA BELUM MENGERTI!

Garis besar langkah-langkahnya:

    Unlock Bootloader
    Boot masuk TWRP
    install rce_univ.zip (hanya download filenya dari thread ini https://forum.xda-developers.com/apps/supersu/ramdisk-compression-exchanger-t3533327
    install supersu downnload dari situs developernya langsung. (silahkan Googling)
    install rce_univ.zip again
    reboot

Langkah detilnya:

1. Unlock Bootloader
a. masuk settings>about phone/Tentang ponsel >software info/Info software, lalu tap "build number"/"nomor bentukan" 10 kali sampai keluar teks "You are now a developer/Anda sekarang adalah pengembang"
b. masuk settings>developer options centang "oem unlock" dan "usb debugging" and hapus centang pada "verify apps over usb"
c. masuk settings>security centang "unknown sources" dan hapus centang "verify apps"
d. Pastikan sudah instal driver dari situs resmi LG (LGMobileDriver_WHQL_Ver_4.1.1.exe and also lg bridge)
e. jika belum pernah pake ADB atau FASTBOOT, maka harus install adb/fasboot using 15 seconds adb installer: https://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2588979
f. masuk ke dalam folder dimana ADB terinstall, kalau saya C:/adb dimana file adb.exe dan fastboot.exe ada di dalamnya, lalu tekan shift + klik kanan mouse bersamaan, pilih "open CMD here" atau Open command here. (untuk yang pakai windows 10, klik kanan logo windows dan pilih run lalu ketik "cmd" tekan enter. setelah masuk dos command, maka ketik "cd/" untuk keluar dari folder awal. jika sudah sampai di c:/> lalu ketik cd/adb untuk masuk folder jika folder adb ada di root C:)
g. masih di dos command, setelah masuk ke folder adb ketik "adb devices" command tersebut akan memulai adb services, di HP akan muncul pesan pop out yang intinya minta ijin akses via adb, tap always dan ok. kalau berhasil dan akan mengeluarkan teks "...lgk350... or ...lgk420... lgk430, atau rangkaian nomor acak yang di sebelah kanannya ada "device"
h. Kalau gak muncul teks seperti di atas setelah ketik command "Adb Devices" maka tandanya driver belum terinstall dengan baik. atau laptop belum dikasih ijin untuk akses adb LGk8.
i. Jika driver sudah terinstall, pada device manager ente bakalan nemu "LGE Mobile USB Serial Port" dibagian Ports
j. Jika proses install adb sudah selesai, maka lanjutkan dengan masuk ke fastboot mode dengan mengetik perintah “adb reboot bootloader” Lalu layar LG k8 akan mati dan nyala dengan tulisan fastboot mode di layar bagian bawah
k. check koneksi fastboot dengan ketik perintah  "fastboot devices" sama dengan pada saat kita di adb, lalu muncul kombinasi huruf dilanjutkan dengan tulisan device. Jika ya lanjut ke step berikutnya, jika belum, berarti driver tidak terinstall dengan baik, install driver lalu masukkan perintah fastboot devices.
l. Unlock bootloader dengan mengetik perintah “Fastboot oem unlock” ­tekan enter dan akan muncul teks pertanyaan di Layar LG K8 yang menanyakan apakah anda yakin mau unlock lalu pilih dengan tombol volume sesuai petunjuk teks,  PERINGATAN: SETELAH UNLOCK BOOTLOADER, MAKA DATA AKAN HILANG SEPERTI FACTORY RESET, termasuk GARANSI.
m. Reboot hpnya dan akan ada pesan system is vulnerable from now on  tapi hp akan tetap nyala dengan normal.
n. Setelah reboot ulangi Langkah a, b dan c di atas.
o. Ulangi Langkah “ f “ lalu lompat ke langkah “J” lalu untuk check apakah bootloader sudah unlocked. Ketik perintah “Fastboot getvar all”  lalu cari tulisan yang bilang bahwa bootloader lu unlocked. Kalo ga nemu ya ulang proses dari awal.

2. TWRP (Bukan di-Install tapi hanya nempel sementara buat install zip package yang dibutuhkan)
a. Cari image file twrp yang sesuai dengan seri device k8. Untuk Indonesia serinya K350K v10c. kalau ada yang pake versi lain juga bisa ambil dari link ini https://forum.xda-developers.com/lg-k8/development/recovery-twrp-3-0-2-lg-k8-k350-mtk-t3517894
b. Download dan taruh file recovery image (misal: K8twrp.img) nya ke dalam folder adb yang tadi dipake di tahap 1.
c. Masuk ke fastboot mode lagi pake cara yang udah dibahas di atas. Dan masukkan perintah fastboot boot (nama file recovery yg dimasukin ke folder adb) contoh: K8twrp.img maka perintah yang dimasukin jadi fastboot boot k8twrp.img tekan enter. Maka akan reboot dan masuk ke TWRP.
d. Pada saat pertama kali masuk TWRP akan minta password untuk decrypt data, TAP(pilih) CANCEL. Lalu muncul layar pertanyaan Keep system read only? Lalu  Swipe (Allow modification)  lalu masuk TWRP, kemudian reboot.
e. Jika tadi pas reboot ada notifikasi device is corrupt  maka lanjut ke step 3: ROOTING, kalua tidak ada, ulangi langkah mulai dari 2.a sampai 2.d

3. Rooting
a. Download Ramdisk Compression Exchanger yang sudah dalam bentuk zip installer dalam file RCE_univ.zip bisa di download dari sini https://forum.xda-developers.com/apps/supersu/ramdisk-compression-exchanger-t3533327
b. Download Supersu.zip dari website resminya http://www.supersu.com/download pilih the latest recovery flashable zip
c. Masukkan dua file (RCE-univ.zip dan supersu.zip)  ke dalam SDcard via card reader, karena interna storage di twrp dikunci. Setelah itu masukkan SDcard ke LG k8.
d. Reboot LGk8 ke TWRP (menggunakan cara yang sudah dipaparkan di atas)
· Cancel Decrypt data
· JANGAN swipe pada saat ditanya system modifying, click atau tap “Keep read only”
· BACK UP boot image LG k8 ente. Masuk backup di twrp centang hanya boot partion jangan centang yang lainnya dan pilih micro sd card sebagai penyimpanan backupnya.
· Tap “Install”>”Select Storage” pillih Micro Sd Card> PIlih file RCE_Univ.zip.  ketika sudah selesai jangan wipe atau reboot. Tap tombol Back sampe ke layar utama twrp.
· Tap “install”>”Select storage” pilih micro sd card.pilih file Supersu.zip. ketika sudah selesai, JANGAN wipe atau reboot. Tap tombol Back sampai ke layar utama.
· Tap “Install”>”Select Storage” pillih Micro Sd Card> PIlih file RCE_Univ.zip.  ketika sudah selesai jangan wipe atau reboot. Tap tombol Back sampe ke layar utama twrp.
· Reboot to system. Ada kemungkin bootingnya lama. Harap bersabar.
· Kalau sudah masuk silahkan check apakah sudah ada SuperSu di list aplikasi? Kalau ada bisa langsung download rootchecker buat ngetest root access nya. Kalau gak ada supersu, silahkan ulangi langkah2 dari awal.
Demikian Tutorial Root yang diambil dari thread  (This tutorial is extracted from this thread) https://forum.xda-developers.com/lg-k10/how-to/friendly-root-method-lg-k8-k10-t3531223

DISCLAIMER!!!
RISIKO DITANGGUNG PRIBADI MASING-MASING
Gue tidak bertanggung jawab atas dampak yang terjadi.
Gue dah pake cara ini lebih dari dua kali di LG K8 punya temen gue dan berhasil 100%

Rizki Pradana

5 komentar:

  1. kok saya ga bisa pas bootloader nya.... device usb saya ga bisa ke baca di laptop... bantu min

    BalasHapus
  2. makasih min, infonya sangat membantu ane
    alat pemisah lcd

    BalasHapus
  3. Semua nya berhasil, tp pertanyaan saya, apakah recovery nya masih stok atau sudah twrp??

    BalasHapus
  4. Ane nyari v10e ga ada. Bisa ga pake v10c?

    BalasHapus
  5. Macet dl step k
    Dah instal driver 100 kali tapi gak conect. Driver ilang...

    BalasHapus

newer posts older posts